Lonely Planet

1. Prepare a report in which you analyze the marketing channel conflicts and cannibalization issues that Lonely Planet faces as it is currently operating. Suggest solutions that might reduce the revenue losses or operational frictions that result from this issues.

2. Prepare a list of new products that Lonely Planet might introduce to take advantage of internet technologies (including wireless technologies) and address customers concerns about the timeliness and currency of information in the printed travel guides. Briefly describe any problems that Lonely Planet will face as it introduce these new products.

3. Many loyal Lonely Planet customers carry their travel guides (which can be several hundred pages thick) with them as they travel around the world. In many cases, these customers do not use large portions of the travel guides. Also, Internet access can be a problem for many of these customers while they are travelling. Describe a product (or products) that might address this customer concern and also yield additional revenue for Lonely Planet . Your answer here could build on ideas that you developed in your solution to part 2.

Answer :

  1. Masalah yang terjadi pada lonely planet sebenarnya terletak pada lamanya penerbitan buku yaitu 8 bulan yang menyebabkan konsumen merasa dirugikan karena panduan didalam buku sudah out-of-date dimana banyak tempat-tempat dan peraturan yang berubah sama sekali berbeda dengan penjelasan di website, seakan-akan konsumen merasa di tipu. Solusi terhadap hal ini yaitu bekerja sama dengan perusahaan travel local di setiap Negara untuk memberikan info yang selalu up-to-date sehingga memudahkan untuk merevisi buku panduan travel tersebut.
  2. Lonely Planet harus membuat buku panduan yang selalu di update minimal 1 bulan sekali. Sehingga buku travel tersebut terjamin keakuratannya, bisa berupa e-book yang dimana sangat mengurangi biaya produksi maupun proses penyampainannya kepada customer, atau lonely planet bisa membuat sebuah program yang berisikan panduan perjalanan kepada customer, dimana panduan tersebut bisa di install di handphone maupun di download melalui internet sehingga memudahakan customer mendapatkan pembaharuan informasi dan pada system ini lonely planet mengeruk keuntungan dengan menggunakan system berlangganan (member) dimana customer yang ingin mendapatkan program atau fitur ini dapat membayar $20/bulan (contoh), masalahnya mungkin terletak pada perusahaan travel lokal, dimana ketergantungan (banyaknya informasi serta keakuratan )terhadap travel  local tersebut sangat besar.
  3. Sama seperti no 2, dimana penggunaan fitur berlangganan yang berisi informasi perjalanan tersebut dapat di download terlebih dahulu di dalam bentuk e-book dan dapat disimpan di handphone maupun notebook sebelum berangkat, jika memang takut mengalami masalah internet ditempat tujuan, tentu saja didukung dengan system update lonely planet minimal 1x/bulan sebelumnya. Lonely planet bisa juga mengajak kerja sama denga beberapa tempat wisata di Negara tersebut untuk dijadikan sponsor dari lonely planet itu sendiri untuk mendapatkan penghasilan tambahan, dan ketika customer lonely planet datang ketempat wisata tersebut, mereka bisa mendapatkan diskon di tempat wisata tersebut dengan cukup menunjukan produk lonely planet🙂
This entry was posted in Tugas E-Business III and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s